Thursday 7 January 2016

Resume Artikel Masyarakat Sebagai Lingkungan Pendidikan

Judul                     : Masyarakat Sebagai Lingkungan Pendidikan
Penulis                 : Moch. Syarif Hidayatullah
Hari/tanggal      : Jum’at, 21 November 2008
Sumber                : www.kampusislam.com
Latar belakang :
  • Masyarakat merupakan salah satu lingkungan terjadinya kegiatan pendidikan.
  • Masyarakat mempunyai pengaruh yang besar terhadap berlangsungnya segala kegiatan yang menyangkut masalah pendidikan.
  • Bahan apa yang akan diberikan kepada anak didik sebagai generasi harus disesuaikan dengan keadaan dan tuntutan masyarakat di mana kegiatan pendidikan itu berlangsung.
  • Pendidikan adalah proses di mana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupan dan untuk memenuhi tujuan hidup yang lebih efisien.
  • Pendidikan adalah suatu proses di mana masyarakat membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu.
Pokok Masalah :
  • Setiap masyarakat masing-masing mempunyai ciri-ciri yang berbeda satu sama lain.
  • Peradaban masa depan adalah peradaban yang dalam banyak hal didominasi ilmu (khususnya sains) dan penerapan menjadi teknologi.
  • Tantangan bagi setiap anggota masyarakat di wilayah tertentu untuk mengembangkan sains dan teknologi sekarang dan masa datang tidak lebih ringan.
  • Masyarakat tidak hanya berhadapan dengan hambatan-hambatan internal, tetapi hambatan eksternal atau yang sering berkaitan satu sama lain.
  • Pendidikan selalu dituntut untuk mengikuti setiap perkembangan yang terjadi di masyarakat, agar pendidikan tidak ketinggalan jaman.
  • Perubahan yang terjadi dalam nilai sosial menunjukkan adanya gejala berbagai kemajuan dalam masyarakat yang menyangkut masalah sosial.
  • Perkembangan masyarakat sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu pengetahuan menyebabkan perkembangan teknologi, dan perkembangan teknologi memicu perkembangan ekonomi.
  • Sebagian teknologi berakibat nagatif dalam kehidupan masyarakat.
  • Negara-negara terkemuka untuk urusan sains dan teknologi tetap saja “pelit” dan tidak akan begitu saja memberikan informasi dan melakukan transfer sains dan teknologi terhadap negara-negara dalam kategori berkembang. Contohnya Jepang. Universitas-universitas terkemuka di negara ini sangat keberatan menerima orang non Jepang untuk mendalami elektronika.
Solusi :
  • Peradaban masa depan harus dibangun melalui rekonstuksi nilai-nilai sosial budaya.
  • Nilai-nilai yang terus melaju dinamis harus dijabarkan dalam bentuk norma-norma atau aturan-aturan hidup bermasyarakat.
  • Dengan kesadaran tersebut, suatu masyarakat dapat mewariskan kekayaan budaya atau pemikiran kepada generasi berikutnya, sehingga menjadi inspirasi bagi mereka dalam setiap aspek kehidupan
  • Agar semua nilai yang dianut oleh masyarakat tidak musnah, maka  nilai-nilai itu harus ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Jalan yang paling efektif untuk melaksanakan tugas itu adalah pendidikan.
  • Membenahi masalah di masyarakat agar pendidikan di suatu masyarakat dapat berjalan dinamis mengikuti perkembangan zaman yaitu meningkatkan tradisi penelitian, menciptakan masyarakat ilmiah, integralitas kebijakan sains, menyadarkan lingkungan ekonomi tentang pentingnya penelitian ilmiah, melengkapi fasilitas perpustakaan, dokumentasi, dan pusat informasi, membuka isolasi ilmuwan dari perkembangan ilmu global, dan menjamin kesejahteraan orang-orang yang bergelut dalam bidang ilmu pengetahuan, Dinamika ilmu pengetahuan, Teknologi, dan Ekonomi.
  • Mengembangkan berbagai metode mengajar dan materi pelajaran yang lebih sesuai, lebih efektif, dan efisien.
  • Masyarakat sebagai salah satu lingkungan pendidikan diharapkan untuk peka dalam menyikapi perkembangan yang terjadi dalam lingkungannya.
  • Menyiapkan generasi yang canggih dan terlatih disiapkan jauh-jauh hari mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, karena di sanalah setahap demi setahap kemajuan suatu masyarakat dibangun secara tak sadar

No comments: